Beranda > Trik & Tips > Tips merawat baju

Tips merawat baju

Saat membeli baju, seharusnya kita memikirkan bagaimana cara merawat baju tersebut. Ini ada berverapa tips agar baju kita tetap terawat, awet dan nyaman dipakai.

1. Simpan Dalam Keadaaan Bersih
Usahakan baju yang habis dipakai segera dicuci, jangan membiarkan baju-baju dalam kondisi tidak bersih terlalu lama. Kotoran yang masih melekat pada baju akan segera tumbuh menjadi jamur jika tidak segera dibersihkan. Sebelum menyimpannya, pastikan bahwa baju tersebut benar-benar kering. Hal ini menjadi sangat penting karena kering tidaknya sebuah baju yang disimpan akan mempengaruhi aroma baju kita.

2. Cuci Seperti Petunjuk
Setiap baju memiliki cara cuci yang berbeda-beda. Sebelum mencuci, perhatikan juga bagaimana cara mencuci baju tersebut. Dengan memperhatikan cara mencuci, baju akan tetap terlihat bagus meskipun sudah berkali-kali dicuci.

3. Beri Pelembut
Setelah mencuci, ada baiknya jika kita memberi pelembut. Produk ini akan membantu meluruskan serat-serat baju yang kusut selama proses pencucian. Selain itu, produk semacam ini juga akan membantu baju kita tetap wangi.

4. Beri Nafas Untuk Baju.
Dimana kita menyimpan baju juga sangat berpengaruh untuk ‘kesehatan baju’. Setelah di setrika, simpanlah baju di tempat yang memiliki pori-pori, seperti lemari kayu. Kalaupun kita mau membungkusnya dengan plastik, pastikan telah menusuk-nusuk plastinya agar udara bisa mengalir lancar.

5. Ngengat
Binatang yang satu ini memang mengincar baju-baju kita. Untuk alasan ini juga kenapa kita harus segera mencuci dan menyimpan baju dalam keadaan bersih. Karena jika kita menyimpan baju dalam keadaan kotor, noda makanan dan keringat yang menempel pada baju akan mengundang ngengat ke baju kita.
6. Kamper
Tempatkan beberapa kamper dalam lemari atau tempat menyimpan baju. Selain berguna untuk menjaga aroma baju, kamper juga sangat efektif menjaga baju dari gangguan ngengat yang akan melubangi baju kita. Tapi, jangan terlalu banyak meletakkan kamper di lemari ya!

7. Suhu Ruangan
Usahakan menyimpan baju pada suhu yang tidak terlalu lembab. Suhu lembab akan membuat pakaian kita bau. Akhirnya walaupun kita sudah meletakkan produk pengharum baju di lemari, akan mejadi sia-sia jika suhu di sana terlalu lembab.

8. Jemur baju yang jarang dipakai
Baju pesta atau kebaya adalah baju yang jarang sekali dipakai. Nah untuk baju-baju yang tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, ada baiknya bila sesekali di keluarkan dari tempat penyimpanan. Angin-anginkan baju di udara terbuka, hal ini akan mengurangi kelembaban dan tumbuhnya jamur pada baju.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: